Skip to content

FedEx (52008031)

04/11/2010

Fedex (Federal Express) bergerak dalam perusahaan postal sudah cukup lama, dan sebagai sebuah perusahaan tentunya juga sempat mengalami pasang surut dari laba yang didapatkan. Bahkan dulunya Fedex bisa dikatakan sempat hampir bangkrut. Tetapi ternyata bos dari perusahaan ini tidak menyerah begitu saja walaupun perusahaan ini hampir bangkrut, justru pada saat-saat terakhir dari masa kejayaan mereka masih sempat untuk merubah logonya. Dan setelah perubahan logo itu mereka justru dapat bangkit dari kondisi tersebut.

Dalam logo FedEx tersebut bila kita perhatikan terdapat tanda panah diantara huruf “E” dan huruf “ x”. Ternyata Lindon Leader sang designer logo tersebut yang menjabat sebagai Senior Design Director di Landor Associates itu sebelum mendisain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express. Dan ia menemukan bahwa karyawannya kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan. Dan ketika presentasi, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme). Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan, agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu. Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat dan membawa mereka ke era yang lebih jaya.

Dilihat dari segi teori metode abstraksinya, logo fedex tersebut menggunakan metode Type Combination , karena logo tersebut terbentuk dari huruf yang membentuk nama dari perusahaan itu sendiri. Dari huruf tersebut terciptalah sebuah negative space yang menjadi makna dari logo tersebut.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: