Skip to content

Playboy (52008045)

03/11/2010

Playboy adalah majalah lelaki dewasa yang memiliki ciri sangat khas, yaitu  logi kelinci putih mengenakan tuxedo. Bukan tanpa alasan saat Hugh Hefner, pencipta dan pemilik Playboy memilih kelinci sebagai logo sejak edisi kedua majalahnya terbit. Hugh mengungkapkan kelinci adalah hewan pengerat yang berkonotasi humor seksual yang tinggi, berkesan riang dan suka bermain-main. Citra kelinci menurutnya sesuai untuk menggambarkan majalah yang terbit perdana Desember 1953 itu.

Sejak awal, Hugh menginginkan isi majalahnya tidak hanya foto-foto perempuan yang menunjukkan keindahan tubuh, tetapi juga artikel lifestyle yang modern dan pandangan liberal mengenai berbagai isyu politik. Untuk itulah Hugh meminta Art Paul, art director pertama majalah itu untuk mendesain maskot kelinci yang mengenakan tuxedo, agar berkesan eksklusif. Sementara untuk citra maskulin, Hugh tidak ingin menggambarkannya dengan tubuh kekar berotot. Tuxedo dianggap Hugh mampu menggambarkan citra eksklusif, maskulin dan juga charming.
Saat ini majalah Playboy diterbitkan di 21 negara dan Indonesia menjadi negara kedua di Asia setelah Jepang yang mendapatkan hak penerbitannya.

Jika dilihat dari sisi teori abstractionnya, logo playboy mengandung beberapa konsep abstraksi. Yang pertama ialah “Simplification”Simplification merupakan penyederhanaan suatu bentuk. Logo playboy di atas merupakan penyederhanaan bentuk dari seekor kelinci. Bentuk seekor kelinci disederhanakan sehingga bagian kepalanya saja yang diambil. Konsep kedua yang ada pada logo di atas ialah “Line and shape”. Kepala kelinci dibentuk dari penggunaan garis serta bentuk. Dasi serta garis leher mempertegas bahwa kelinci tersebut seakan-akan memakai setelan jas dan dasi kupu-kupu. Konsep selanjutnya, yaitu “Type Combination”. Tulisan kata “PLAYBOY” pada logo mempertegas bahwa gambar kelinci putih tersebut merupakan logo dari majalah playboy.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: