Skip to content

e_Beth 52008013

03/11/2010

e_Beth with the pencil

Gambar disamping merupakan sebuah pensil yang sedang menggambarkan huruf E (yang merupakan inisial dari nama saya). Makna dari logo disamping merupakan salah satu hobi yang paling saya gemari yaitu menggambar. Dan peralatan yang paling sering saya gunakan untuk menggambar adalah pensil. Bagiku pensil adalah segalanya. Dengan pensil saya dapat menuangkan segala ide dalam otakku. Pensil adalah peralatan tulis yang paling berharga dan bernilai lebih. Pemilihan warna berdasarkan objek aslinya yaitu mata pensil berwarna hitam, kayu pensil berwarna coklat muda, dan pembungkus pensilnya berwarna biru.

Dalam logo diatas saya mengambil salah satu konsep abstraksi yaitu line and shape dengan menggunakan metode using line to imply shape. Line and shape membentuk objek dengan garis-garis, dan metode using line to imply shape merupakan salah satu metode abstraksi yang mana garis yang menyebabkan terjadinya bentuk. Contohnya pada logo disamping. Kumpulan garis-garis lurus yang diatur sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk objek pensil. Garis-garis inilah yang menyebabkan terjadinya objek pensil.

Proses pembuatan logo dimulai dengan menentukan ide gambar yang mana objek akan dibuat. Buatlah persegi panjang dan segitiga, kedua objek jaraknya dipisah agak jauh. Buat sebuah persegi untuk memotong segitiga menjadi 2 bagian atas dan bawah. Untuk membuat segitiga dan persegi tepat lurus ditengah gunakan align center vertical, dan atur jarak untuk menentukan ujung pensil dan batang pensil.  Untuk memotong bagian atas dan bawah gunakan tools intersect. Gabung semua hasil potongan dengan tool group (atau dengan menekan tombol ctrl+G). Buatlah garis-garis yang cukup untuk menutupi gambar pensil tersebut. Kemudian lakukan pemotongan dengan tool intersect. Miringkan sedikit dengan pick tool dengan mengklik dua kali objek. Pensil yang agak dimiringkan dimaksudkan untuk mendapatkan sudut pandang yang bagus, sehingga tampak bahwa pensil tersebut sedang menuliskan sesuatu. Dan langkah terakhir, beri pewarnaan pada garis-garis yang membentuk objek pensil. Tambahkan sedikit ornamen garis bebas dengan menggunakan tool freehand. Dan objek pensil pun jadi.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: