Skip to content

MUSAFIR (52008033)

28/10/2010

Dari kover buku di samping saya ingin memberikan pendapat mengenai kover buku ini

Seringkali buku memiliki desain yang sangat unik dan menarik. Untuk itu saya ingin memberikan pendapat dari segi desainnya dari sekian banyak kover buku yang ada. Saya mengambil contoh kover buku di samping karena menurut saya ini sangat menarik bagi saya.

Untuk itu langsung saja saya ingin memberikan pendapat saya ini sebagai berikut :

Di lihat dari segi desainnya, pada kover buku di samping kita dapat melihat arah garis(line direction) yang menunjuk ke atas atau tegak lurus, ini menunjukkan bahwa unsur arah garis tegak lurus untuk memperkuat musafir yang menunggangi unta tersebut.

Dari segi bentuknya, kover buku di samping menunjukkan kesan abstrak untuk mempertegas kover buku itu bahwa gambar berwarna hitam itu menunjukkan bahwa itu ada seorang musafir yang menunggangi untanya.

Kompenen desain yang terkandung di dalamnya adalah unsur penggambaran dan ilustrasi seorang musafir. Dari segi teksnya apalagi judulnya sangatlah dekoratif dan pencampuran warna jenis tulisan dan background kover buku tersebutlah sangatlah menarik. Untuk dekorasinya kover buku ini menggunakan bars dan rules untuk membantu judul buku agar lebih jelas yang terdapat di bawah judul kover buku.

3 Komentar leave one →
  1. 28/10/2010 20:48

    tinggi gambar penunggang onta tidak lebih besar dari sepertiga lebar gambar/lebar buku, jadi menurut saya line direction lebih dominan pada arah horizontal mengacu pada garis permukaan tanah yang dilewati penuggang onta dan gari awan putih di latar belakangnya

  2. furkan182 permalink
    02/11/2010 07:21

    oh.. tetapi apakah line direction itu di lihat dari tinggi dan ukuran objek gambar?sehingga itu mempengaruhi line directionnya?

  3. 02/11/2010 19:45

    line direction bisa dilihat dari arah garis-garis yang dominan, memang onta yang jangkung dengan kaki-kakinya memiliki garis-garis dengan arah vertikal, tetapi tanah dan awan putih yang membentuk garis dalam arah horizontal terlihat lebih dominan dari pada line direction onta. Jika gambar sedikit lebih besar, dan gambar onta serta musafirnya terlihat lebih dekat maka mungkin kesan vertikalnya akan lebih kuat

    Sebagai pembanding coba perhatikan gambar-gambar skyline sebuah kota, walaupun gedung-gedung tinggi terbentuk oleh gars-garis vertikal, tetapi garis horizontal skyline akan terlihat lebih mendominasi dan memberikan kesan tenang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: