Skip to content

Magazine in Touch (52008013)

28/10/2010

Majalah Photoshop Creative Coba anda bayangkan, ada sebuah majalah yang diletakkan didepan anda dengan format teks biasa, standar, yang desainnya hanya sebuah gambar kecil tanpa ornamen apapun. Pertanyaannya, apakah anda akan tertarik untuk membacanya??? Apa mungkin dipikiran anda ada saja sedikit terlintas niat untuk mengambilnya???

Jika menurut pendapat penulis, tentu saja tidak. Mengapa? Karena majalah tersebut hanya didesain secara seadanya. Mungkin mereka menganggap informasi yang terkandung dalam majalah tersebut jauh lebih penting ketimbang desainnya. Namun, ada tanggapan lain. Untuk dapat menarik perhatian seseorang, diperlukan suatu desain yang eye catching alias desain yang dapat menangkap pandangan seseorang, entah itu desain yang aneh, menyolok atau sesuatu yang wahhh…

Namun, sebelum dijelaskan lebih lanjut, kita perlu mengerti pemahaman dari desain itu sendiri. Desain merupakan suatu proses membangkitkan imajinasi yang disajikan dalam bentuk visual agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Akan tetapi, untuk membangkitkan imajinasi itu sendiri bukanlah hal yang cukup mudah. Butuh banyak pengalaman dan pengetahuan untuk mendapatkan desain yang eye catching, sehingga orang tertarik untuk melihat hasil karya kita.

Contohnya pada desain tampilan halaman majalah diatas. Berbagai jenis font face digunakan dalam mendesain tampilan cover majalah tersebut untuk mendapatkan eye catching dari pembacanya. “PHOTOSHOP CREATIVE” menjadi point of interest pada majalah tersebut. Hal ini menekankan bahwa brand dari majalah tersebut adalah “PHOTOSHOP CREATIVE”. Tidak hanya berhenti sampai disitu. Sang desainer majalah memberikan sentuhan lagi yaitu judul yang menjadi topik utama pada episode itu, yakni ‘Chinese painting’. Yaitu dengan membuat ukuran huruf lebih besar tetapi tidak lebih besar dari pada brandnya, sehingga membuat para pembaca langsung mendapatkan informasi mengenai majalah tersebut. Topik utama diletakkan di tengah halaman agar pandangan mata pembaca langsung tertuju pada topik utama yang akan dibahas habis pada episode kali ini.

Informasi tambahan disusun disamping topik utama. Ada beberapa macam teknik desain teks yaitu Decorative type treatments, Side-bars and boxed text, Pull-quotes, Bullets, arrows and other dingbats, Reversed headings, Captions, dan Body copy (main text). Namun, sang desainer majalah menggunakan teknik desain teks yaitu side-bars dan boxed text pada cover majalah. Side-bars dan boxed text adalah penempatan informasi disisi kiri atau kanan dari sebuah tulisan.

Sentuhan dominan warna objek merah muda yang dituangkan diatas latar belakang putih seakan membuat cover majalah tersebut terkesan hangat dan netral. Menjadikan latar belakang putih memungkinkan warna lain dalam desain memiliki suara yang lebih besar. Hal ini juga yang membuat desain tampilannya terlihat minimalis. Desain latar belakang putih yang dipengaruhi oleh warna objek merah muda seakan menggambarkan musim semi.

Selain itu, penempatan teks dan gambarnya diatur sedemikian rupa agar pembaca tidak merasa bingung dan hilang arah. Menggunakan berbagai jenis dan ukuran huruf dapat membuat setiap tingkatan informasi. Misalnya, judul utama, ukuran hurufnya lebih besar daripada isi sinopsisnya. Motto dari brand majalah juga dibuat dengan jenis dan ukuran huruf yang berbeda. Warna teks yang digunakan sebaiknya adalah warna yang kontras dengan latar belakangnya. Warna kontras merupakan warna yang berlawanan atau bersebrangan dalam lingkungan warna RGB (Red, Green, Blue). Hal ini perlu diperhatikan karena jika warna objeknya sama atau hampir sama dengan latarnya, maka informasi yang diberikan tidak dapat dibaca.

Oleh karena itu, sentuhan-sentuhan desain sangat diperlukan dalam mengolah sebuah majalah. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian orang untuk membacanya.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: